Bekerjalah seolah-olah masih ada hari esok!
Ungkapan diatas sebenernya gak ada hubungannya sama yang mau aku ceritain. :) Hanya ngomong-ngomong masalah kerja, buat mahasiswa yang pengen parttime khususnya, aku ada sharing pengalaman dikit.
Btw, cari parttime yang enak dan sesuai jurusan kuliah itu gak gampang menurutku. Mungkin ada kali ya, yang kuliah sambil kerja plus kerjaanya nyambung sama bidang studinya. Tapi gak apa, masih ada pengalaman yang bisa diambil dan cerita unik dibaliknya.
Kerjaan paruh waktu yang aku lakuin menjadi frontliner nya toko oleh-oleh atau bahasa gampangannya spg sih, tapi bedanya ditempat kerja ini ada sebutan khususnya yaitu gardep alias garda depan. Sudah pernah dengar? Nah PT Dagadu djokdja si empunya. Seru kah? Gaji oke kah? Enak gak?
First thing, awalnya emang aku niat mau parttime biar ga begitu longgar waktuku, and alasan sebenernya pengen nambah pundi pundi kertas rupiah di dompet. Lol. Dan cari sana sini yang cocok sama jadwal aku kegiatan aku di kampus agak susah. It's unbalance. Nah dapet info gardep parttime ini (iyalah parttime, gardep ini khusus yang kalian kalian mahasiswa) dari sosmed, dan eh ternyata ada kakak tingkatku yang pernah join juga, alhasil aku mantep nan daftar pas itu buka pendaftaran. Oya, karna ini just for college student, it's easier to arrange work schedule. Dapet deh kerjaan. Singkatnya gitu. Tapi tahapannya lumayan lah buat paruh waktu kayak gitu, soalnya banyak yang daftar jadi seleksi and seleksi. Tapi eh tapi jangan khawatir, asal kalian usaha dan punya waktu pasti ke rekrut deh. Aku saja ngerasa gak full of effort pas tengah tengah tahapannya, karena kudu sabar dan ngerjain hal baru di lingkungan baru itu can't say it seperti anak ayam baru menetas -..- kurang lebih gitu. Tentu aku yang udah setengah jalan gak mau sisa sia effortku. Coba deh! :)
Nah, udah resmi kerja parttime aku bangga nih, kadang minder juga. Waktu bisa aku pilah pilah antara kerja, main dan kampus. Itu manajemen waktu aku bisa pelajarin disitu, jadi mau pergi atau rencana kemana harus ada jadwalnya buku agenda gitu. Macam orang sibuk. Menurut aku gitu.
Pas kerjanya ya honestly ga enak, di awal. Ditengah-tengah aku mulai nyaman nih. Katanya Ba-be, panggilan akrabnya marketing tempat kerja, keluar dari comfort zone dulu. Katanya senior sama atasan disitu pas training gitu sih kalo kerjaan baru itu kita harus keluar dari zona nyaman buat jadiin hal itu zona nyaman. Istilahnya memperluas zona nyaman. Kata dosenku juga mirip gitu, jadikan zona tidak nyamanmu jadi zona nyamanmu. Oke itu tentang zona nyaman.
Gimana pas akhir kontrak kerja? Aku belum cerita seperti apa kerjaannya, jobdesknya. Jadi aku bisa belajar excellent service sama costumer yang bermacam-macam bentukan dan sifatnya. Ada yang nyenengin untuk dilayani, ada juga yang bikin aku mlipir mlipir gak mau ndeketin. Pasti aku minta bantu temen partnerku yang mau handle customer rempong. Selain itu, ada semacam pertemuan mingguan dan bulanan buat evaluasi internal dan antara gardep sama supervisor dan orang kantornya. Jadi bisa tuker pendapat dan masukan, sharing gitu. Buat dijadiin bahan evaluasi ke depannya. That's a good agenda. Juga buat mengakrabkan sesama warga perusahaan sih.
Kalo diceritain semua bakal jadi diary selama 8 bulan lebih, jadi buku novel. Singkat cerita suka duka pasti ada lah. Dan itu beda banget sama kegiatan di kampus. Karena udah bener bener lapangan. Lo dibayar istilahnya. Bukannya gak ikhlas tapi disitu ada tanggungjawab dan komitmen selama kerja. Walaupun partner kerja nya sama sama masih kuliah kayak temen kuliah juga tapi beda loh, atmosfir ditempat kerja beda dikampus. Kalo diluar kerja ga ada bedanya mnurutku. Tapi disitu aku dituntut mengenali semua macem macem karakter yang berbeda. Nah ini dia for the last. My new friends, or you called family.
Most of all dari parttime, yang aku jadiin value adalah teman baru alias keluarga baru yang kebentuk disana. Meski ada temen di kampus, temen temen di tempat kerja bikin berkesan dan ninggal memori yang mendalam diotak dan hati ciyeee. Maksudku beda dan unik. Iya kan, ketemu dan menjalani kerjaan ditempat yang sama, dengan tujuan yang sama, ya kerja disitu cari pengalaman entah ngisi waktu mau skripsi. Pasti ikatannya beda dong hubungannya, kita 'dipaksa' awalnya untuk kompak dan care. Tapi apa malahan yang terjadi? bikin suatu keakraban yang lebih dari sekadar bekerja. Setelah dilantik jadi pagardepan, mantan gardep gitu, aku dan gak hanya aku (aku ga nangis deh, nangis pas hari terakhir kerja) kami semua dihari itu nangis soalnya udah ga bisa sering ketemu dan udah ga bisa sperti waktu kerja. Tapi hikmahnya sih masih bisa dong kontak-kontakan. Memang beda saat masih terikat kerja sama udah dijalanya masing-masing. Lepas dari itu semoga langgeng dan kalo ketemu gak lupa haha. Aku yakin ga bakalan lupa. Because it's hard to forget after what we do through all that time. Kami diem dieman, ketawa, nangis, bacotan, manja manjaan, curhat curhatan, sindir sindiran, marahann, semua emosi ada ditempat kerja itu. Wah kok jadi emosional gini aku ceritanya. Tapi bener itu yang terjadi. Selebihnya hanya Tuhan dan kami yang tau. Dan aku harap pengalaman yang aku dapetin bisa bikin lebih baik kedepannya. Jadi pada akhirnya akan aku list aja faidah yang aku inget dan rasakan.
1. Manajemen waktu, tau lah ngatur jadwal kegiatan. Mau prioritas yang mana dulu.
2. Memperluas zona nyaman, bukan yang baperan tapi seperti aku bilang menambah tempat nyaman.
3. Keluarga baru teman baru, bakalan kamu rasakan susah gampang sedih senangnya rumitnya enaknya 'berkeluarga', jadi nyamain persepsi itu susah dan harus ada jalan tengah disitu keluarga sangat berarti. Saling care dan share.
4. Duit, ini mau aku tulis yang pertama tapi enggak ah haha.
5. Dimana mana ambil hikmahnya aja, pengalaman itu guru bagimu. Experience.
Mungkin lima hal itu yang baru kutulis, poin yang lainnya learning by doing. Pokoknya banyak pelajaran pelajaran sepele tapi lupa dijalankan.
Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar